Jumat , September 20 2024
Home / Uncategorized / Kolaborasi Tiga Pilar: Penertiban Penduduk Pendatang Non Permanen Serentak di Wilayah Dentim

Kolaborasi Tiga Pilar: Penertiban Penduduk Pendatang Non Permanen Serentak di Wilayah Dentim

Pada hari Minggu (21/02/2024) pukul 20.00 Wita, tiga pilar pemerintahan, terdiri dari Polsek Denpasar Timur (Dentim), Koramil 1611-01/Dentim, dan Camat Dentim, bergandengan tangan dalam menggelar operasi Penertiban Penduduk Pendatang Non Permanen secara serentak di wilayah Denpasar Timur (Dentim). Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 11 Desa dan Kelurahan, menciptakan kolaborasi yang kokoh dalam menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah menciptakan tertib administrasi dan pendataan warga baru di wilayah Denpasar Timur, sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan Kamtibmas selama pelaksanaan rangkaian Pemilu 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai instansi, termasuk Kapolsek Dentim, Koramil 1611-01/Dentim, Camat Dentim, dan Kepala Desa Wilayah Denpasar Timur.

Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana S.H.,memimpin pelaksanaan Penertiban Penduduk Pendatang di wilayah Desa Kesiman Kertalangu, Banjar Kertapura, Denpasar Timur bergabung bersama Kepala Desa Kesiman Kertalangu.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan dilaksanakan Apel kesiapan di masing-masing Desa, yang menekankan pentingnya kerjasama dalam menjaga keamanan Desa. Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana S.H., pada kesempatan apel kesiapan di Bale Banjar Kertapura, Desa Kesiman Kertalangu juga mengingatkan petugas Pecalang agar melaksanakan kegiatan ini dengan mengedepankan sikap humanis. Kepala Desa Kesiman Kertalangu juga menyampaikan terima kasih kepada Polsek Dentim atas kerja sama dalam kegiatan Penertiban Penduduk Pendatang ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan sidak di wilayah Banjar Kertapura, melibatkan personil gabungan dari Polsek Dentim, TNI, Pecalang, Linmas, dan staf desa. Hasilnya, 16 Penduduk Pendatang Non Permanen terjaring, Mereka didata dan diarahkan untuk mengurus Surat Tanda Lapor Diri di Kantor Desa Kesiman Kertalangu.

Di tempat terpisah, seiring dengan pelaksanaan Penertiban Penduduk Pendatang Non Permanen di Desa Kesiman Petilan, Bhabinkamtibmas setempat turut aktif dalam memberikan himbauan keamanan kepada para pekerja proyek bangunan. Dalam kesempatan ini, Bhabinkamtibmas Desa Kesiman Petilan tidak hanya melakukan pendataan identitas, namun juga memberikan himbauan Keamanan kepada 22 pekerja proyek bangunan yang berasal dari luar Bali, Beliau menekankan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban, di tengah-tengah pelaksanaan Rangkaian Pemilu 2024. Partisipasi aktif Bhabinkamtibmas ini merupakan suatu langkah positif dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah binaannya.

Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Darsana S.H., menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua pihak dalam pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menekankan pentingnya sinergi antara tiga pilar dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayah Denpasar Timur. Kapolsek Dentim juga menghimbau agar semangat kerjasama ini terus ditingkatkan untuk menjaga kondusifitas keamanan, terutama menghadapi Pemilihan Umum 2024.

Check Also

Polsek Kuta Selatan dan Perangkat Kelurahan Kuta Gelar Aksi Bersih Pantai Pandawa

Kuta Selatan, 25 Agustus 2024* – Polsek Kuta Selatan bersama perangkat Kelurahan Kuta menggelar kegiatan …